Warning...

Perhatian-perhatian...

Qua qua qua, mijone mijone...*eh salah ketik

kalo agan-agan sekalian ada yang tersinggung, ane minta maaf, kalo ada yang lucu, boleh lah komen-komen, kalo ada yang kebelet boker... jangan peperin ke dinding okeh...
Saran: Lebih enak dibaca saaat nongkrong di WC bersama teman-teman dan makanan favorit

Kamis, 11 Oktober 2012

Sinetron Masa Kini


Sekian lama gw tinggal di Indonesia, tapi baru-baru ini gw ngelihat hal-hal absurd yang pantas diperbincangkan mengenai tayang-tayangan salah satu TV swasta. Mungkin setelah membaca ini, lo bakal tau. Karena gw suka geleng-geleng kepala sendiri kalo udah liat sinetronnya.

  1. pertarungan antara manusia dengan naga, buaya atau mahluk ga jelas lainnya

Hampir di setiap episodenya, kita bakal dipertontonkan dengan adegan dimana seseorang bakal berkelahi ngelawan buaya putih raksasa ataupun naga yang memiliki ukuran lebih besar dari si jagoan. Dimana jagoan akan muter-muter dulu buat nendang lawannya. Satu hal yang harus dipertanyakan, KENAPA HARUS MUTER-MUTER DULU? Kenapa ga ambil ancang-ancang dari jaoh terus loncat sambil nendang? Terus kenapa juga ngelawan buaya segede itu cuma pake tendangan? Sehebat apakah tendangannya? Dan KENAPA BISA ADA BUAYA SEGEDE GITU DI SUNGAI SEKECIL ITU?!!
  1. menggunakan elang sebagai transportasinya

Apakah ini menunjukkan perkembangan teknologi yang semakin cepat, dimana sudah tak digunakannya mobil, motor atau pesawat untuk bepergian? Atau sutradaranya ingin menyaingi harry potter yang menggunakan sapu lidi buat bepergiaan?
Lalu bagaimana nasib para remaja yang pengen malem mingguan? Mungkin begini ilustrasinya..

Cowok: emm, sayang, malem ini kamu ada acara ga?
Cewek: enggak tuh, kenapah?
Cowok: ke pasar malem yuk.. nanti ku jemput..
Cewek: yaudah. Ehh jemput pake apa?
Cowok: pake ELANG kesayananku, yang kayak di tipi-tipi itu..
Cewek: aku dandan dulu ya.. nanti kalo udah deket SMS aku ya..
Cowok: ok. Paling sepuluh menit nyampe..

Kalau itu benar benar terjadi, bagaimanakah nasib para tukang angkot, tukang ojek dan supir metromini? Akan mendapat uang dari manakah mereka? Apa mereka akan menggunakan elang juga sebagai pengganti mata pencariaannya? Bagaimana juga nasib para tukang parkir? Apakah mereka akan memarkirkan elang itu satu demi satu, 'ya lurus terus, terus, kekiri dikit, ya terus, ok hop'? Dan tentunya beritanya juga beda, 'pemirsa, diduga sopir mengantuk, seorang nenek-nenek terlindas ELANG' atau 'karena kurangnya penerangan, SEEKOR ELANG MASUK JURANG beserta penumpangnya'. Satu hal yang terbesit di kepala gw, SEKUAT APAKAH ELANG ITU BISA NGEGENDONG ORANG ?

  1. percakapannya lipsing sambil diiringi lagu dangdut

Gw suka denger ada suara yang gak cocok antara muka dengan dengan suara tokohnya. Kadang-kadang mukanya mirip cancorang tapi suaranya kayak beruang bunting. Kadang-kadang juga suaranya dibuat-buat. Sebenernya gw juga ga tau, apa cuma perasaan gw doan atau emang beneran. Tapi yang membuatnya beda dengan sinetron di TV lainnya adalah LAGU DANGDUT YANG NGEBUAT PEMAINNYA KEJAR-KEJARAN. Kenapa harus lagu dangdut? Kenapa harus kejar-kejaran? Kenapa lagunya juga dinyanyiin sama pemainnya?


  1. menggunakan bahasa yang baku PARAH
kebanyakan dari semua ceritanya bahkan hampir semua ceritanya menggunakan bahasa yang super, duper baku. Ini yang ngebuat gw langsung ke siaran yang laen. Rasanya, aneh kalo ceritanya tentang romantis, tapi bahasanya baku banget. Seperti,

- 'sungguh, bukan aku yang menyunat anak itu, jikalau adik ingin menyunatnya, ini, kupersembahkan gunting rumputmu..'

- 'maafkanlah anakmu ini yang telah menodai hatimu, aku tidak ada gunanya lagi, lebih baik aku mati. (nusuk perut pake pisau, tapi darahnya keluar dari mulut)'

- 'maaf, mungkin aku tidak layak untuk tinggal disini'

bandingkan dengan sinetron lainnya, di berbeda siaran tentunya, dengan suara yang cocok buat kalangan remaja dan membuat kita penasaran, tentunya lebih banyak diminati remaja, termasuk gw.

- 'gw kan udah bilang, jangan deketin gw lagi'

- 'sorry, mungkin lebih baik kita gak usah ketemu lagi'

- 'gw harap lo ga bakal ngelupain gw sembilan bulan lagi'

terlihat sudah perbedaan yang sangat mencolok. Dimana yang satu menggunakan 'aku' dan yang satunya lagi 'gw, gue, gueeehh'. Selain itu, yang satu 'make bahasa asli dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)' yang satunya lagi 'make bahasa remaja gaul masa kini'. Dan juga, dimana yang satu ' NGEBUAT GW CEPET-CEPET MENCET TOMBOL MERAH DI UJUNG REMOT' dan yang satu 'ngebuat gw mandi super cepat biar ga ketinggalan'.

  1. tokoh antagonisnya ketauan banget

biasanya, di setiap sinetron punya tokoh tersendiri dengan sifat masing-masing. Tapi tidak untuk yang ini, biasanya tokoh antagonisnya berkoalisi dengan mertuanya untuk menjatuhkan tokoh utama. Dengan muka yang dibuat-buat, bibir disenyum-senyumin, mata ngelirik ke tokoh utama dengan posisi membelakangi, sambil ngomong dalem hati. Tapi kadang-kadang, si antagonis ini ngomong dengan nada lumayan keras tapi tidak didenger oleh tokoh utama. Yang patut dipertanyakan, SEBUDEK APAKAH TOKOH UTAMANYA?? dan SEBEGO APAKAH TOKOH ANTAGONIS YANG NGOMONGIN IDE JAHATNYA DI DEPAN TOKOH UTAMA??

mungkin segitu aja yang bisa gw bahas, walaupun masih banyak yang masih bisa dibahas. Dan tentunya lo udah tau kan TV apa yang gw maksud??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar